Apa yang Dimaksud dengan EFIN Pajak?
EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah 10 digit nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak. Kode EFIN digunakan sebagai identifikasi bagi setiap orang agar dapat melakukan transaksi elektronik seperti pelaporan SPT. EFIN merupakan syarat yang wajib untuk melakukan e-Filing, baik di website DJP Online. Dengan EFIN, Anda dapat melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan via online dengan aman karena sudah terenkripsi, sehingga kerahasiaan data sudah terjamin.
Contoh EFIN Pajak
Apa yang Dimaksud dengan EFIN Pajak Badan & Pribadi?
EFIN pajak badan adalah EFIN yang dibuat dan diperuntukkan bagi wajib pajak badan usaha atau perusahaan. EFIN pajak badan berbeda dengan EFIN pribadi. Bila Anda seorang pengusaha yang memiliki perusahaan atau badan usaha, maka selain EFIN pribadi yang perlu Anda miliki untuk e-Filing pajak pribadi Anda setiap tahun, Anda juga perlu membuat EFIN pajak badan untuk perusahaan Anda. Sementara EFIN pribadi dibuat untuk wajib pajak pribadi atau perseorangan.
Fungsi EFIN Pajak
Apa yang dimaksud dengan EFIN dan manfaatnya bagi wajib pajak mungkin menjadi pertanyaan bagi mayoritas masyarakat awam saat baru pertama kali berurusan dengan langkah lapor pajak online.
Diberlakukannya EFIN tentu memberikan dampak positif bagi sistem administrasi perpajakan Indonesia. Berikut beberapa manfaat diterbitkannya EFIN untuk wajib pajak:
-
Anda dapat merasakan manfaat lapor SPT online yang sangat besar, seperti lebih hemat waktu dan penyimpanan data bukti lapor dalam basis data web dan dalam jangka panjang.
-
EFIN berfungsi untuk autentikasi agar transaksi pajak online bisa dienkripsi sehingga menjamin kerahasiaan data perpajakan.
-
Setelah memiliki EFIN, wajib pajak dapat mengakses, melakukan transaksi perpajakan online dan melaporkan SPT tahunan tanpa perlu datang untuk antre lagi di KPP.
-
Dengan adanya EFIN, maka dapat menjamin kerahasiaan data Anda yang terdapat didalam sistem pajak online.
-
Selain itu, jika Anda melaporkan pajak secara online maka data akan terekam di database sistem pajak. Kemudian pada laporan pajak tahun berikutnya, Anda tidak perlu mengulangi pengisian data dari awal lagi.
Cara Mendapatkan EFIN
Setelah Anda memahami apa yang dimaksud dengan EFIN, langkah selanjutnya adalah mengajukan pembuatannya.
Karena dengan memiliki EFIN Anda mendapatkan kemudahan melaporkan SPT Tahunan pribadi secara online dan tidak perlu datang ke KPP lagi.
Apakah Bisa Membuat EFIN Online
Berdasarkan ketentuan yang tertuang pada Pasal 2 dari peraturan DJP Nomor PER-04/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online, wajib pajak diharuskan mengajukan permohonan pembuatan EFIN menggunakan formulir yang formatnya sudah diatur dan melengkapi lampiran yang sudah dipersyaratkan kemudian disampaikan langsung ke KPP terdekat untuk mendapatkan EFIN.

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi
Untuk membuat EFIN Anda harus datang langsung ke KPP terdekat dan tidak bisa diwakilkan, ketentuan ini tertuang dalam peraturan DJP Nomor PER-32/PJ/2017 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.
- Download Formulir Aktivasi EFIN, sebelum datang ke KPP Anda bisa download formulir permohonan aktivasi EFIN lalu melengkapi datanya (tapi kosongkan bagian kolom nomor e-FIN, bagian ini akan diisi oleh petugas KPP).
- Ajukan Formulir & Dokumen yang dibutuhkan ke KPP Lalu datang ke KPP terdekat dengan membawa berkas-berkas berikut ini:
- Formulir aktivasi e-FIN yang sudah diisi
- Alamat email yang aktif untuk mengirimkan verifikasi
- Identitas diri asli dan fotokopi (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA)
- NPWP asli dan fotokopi Jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan e-FIN Anda agar terhindar dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Aktivasi EFIN Anda, setelah Anda mendapatkan EFIN (berupa nomor 10 digit) dari petugas KPP, Anda dapat melakukan aktivasi di website resmi DJP Online pada tautan kirimkan link aktivasi.Kemudian, Anda akan mendapatkan email konfirmasi yang didalamnya terdapat password sementara. Klik tautan pada email lalu ganti dengan password baru yang Anda inginkan.Perlu diperhatikan bahwa EFIN harus langsung diaktivasi atau didaftarkan pada aplikasi pajak yang Anda gunakan, segera setelah Anda mendapatkannya. Jika sudah lebih dari 30 hari Anda lupa melakukan aktivasi, maka harus melakukan pembuatan EFIN baru lagi.
Baca Juga: Bagaimana Pengenaan Pajak Penghasilan Biro Perjalanan Wisata?
Cara Mendapatkan EFIN Pajak Badan
Langkah pembuatan EFIN wajib pajak badan caranya cukup mudah, tahapan yang diperlukan tidak berbeda jauh seperti pembuatan EFIN untuk wajib pajak pribadi.
Waktu yang diperlukan juga tidak lama, dalam satu hari kerja biasanya sudah bisa didapatkan. Berikut langkah-langkah yang diperlukan jika Anda ingin membuat EFIN untuk wajib pajak badan:
- Lengkapi Formulir EFIN, Isi formulir EFIN, tetapi kosongkan bagian kolom EFIN, petugas KPP akan mengisikannya untuk Anda.
- Cetak dan bawa formulir EFIN tersebut, berikut dokumen pendukung ke KPP terdekat.
Kini permohonan EFIN ke KPP sudah tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Setiap wajib pajak harus datang sendiri ke KPP terdekat untuk bisa mendapatkan EFIN.
Persyaratan EFIN Pajak Badan
Berikut dokumen-dokumen yang perlu Anda persiapkan sebagai persyaratan EFIN badan:
A. Wajib Pajak Badan
B. Wajib Pajak Kantor Cabang
-
Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar Wajib Pajak Badan.
-
Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar pengurus yang bersangkutan.
-
Fotokopi identitas diri pengurus (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA).
-
Surat kuasa penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.
-
Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar kantor cabang.
-
Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar pimpinan kantor cabang.
-
Fotokopi identitas diri pimpinan kantor cabang (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA).
-
Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.
-
Surat kuasa/penunjukan pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang mewakili badan.
Solusi Praktis Ketika Lupa EFIN Pajak
Jika Anda sedang ingin lapor pajak, tetapi lupa EFIN maka berikut langkah-langkah praktis yang dapat Anda lakukan:
-
Datang ke KPP. Solusi pertama Anda bisa mendatangi KPP terdekat, tidak harus KPP tempat Anda melakukan pendaftaran.
-
Bertanya melalui Chat Pajak. Kedua Anda bisa juga menggunakan fitur Chat Pajak pada website DJP yang terdapat di pojok bawah sebelah kanan.
-
Bertanya lewat akun Twitter @kring_pajak. Bila Anda memiliki akun twitter, manfaatkan jalur customer service DJP yang ada di media sosial Twitter satu ini.
-
Telp Call Center Kring Pajak. Hubungi Call Center Kring Pajak di nomor 1500200.
-
Cari lagi berkas-berkas perpajakan Anda, mungkin lembar EFIN Anda terselip.
-
Periksa lagi inbox email Anda, dengan mencari kata kunci “EFIN”.
-
Opsi terakhir Anda bisa datang ke KPP terdekat untuk meminta cetak ulang EFIN, jangan lupa untuk membawa asli dan fotokopi KTP dan NPWP.
Baca Juga: Model Bisnis Perusahaan Perjalanan
Secara keseluruhan, EFIN merupakan persyaratan wajib bagi seluruh wajib pajak untuk melakukan transaksi online seperti e-Filing. Pembuatan atau aktivasi EFIN tidak dapat dilakukan secara wakil atau kolektif lagi. Penting untuk menjaga kerahasiaan EFIN Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Jika Anda lupa melakukan aktivasi selama lebih dari 30 hari, Anda harus membuat EFIN baru. Dengan EFIN, data wajib pajak terjamin kerahasiaannya karena sudah terenkripsi. Simpan EFIN dengan baik dan buatlah cadangan seperti difoto atau di-scan agar jika lembar EFIN hilang, Anda masih memiliki nomor cadangan.
Jika sudah mendapatkan EFin, daftarkan di KWA Consulting agar dapat langsung menggunakannya untuk lapor pajak online. Jika ingin langsung menggunakan fitur lapor SPT pribadi, buat akun lalu daftarkan EFIN Anda.
Kesimpulan
EFIN (Electronic Filing Identification Number) adalah nomor identifikasi yang diperlukan oleh wajib pajak untuk melakukan transaksi pajak online dengan aman, termasuk pelaporan SPT tahunan. Ada dua jenis EFIN yaitu, EFIN pajak pribadi untuk individu dan EFIN pajak badan untuk perusahaan. EFIN mempermudah pelaporan pajak secara online tanpa harus datang ke KPP, menjaga kerahasiaan data, dan memastikan proses yang efisien. Untuk mendapatkannya, wajib pajak harus mengajukan langsung ke KPP dan segera melakukan aktivasi setelah menerima EFIN. Bagi bisnis owner yang sedang mencari layanan konsultan pajak terbaik untuk mengurusi Masalah Perpajakan lainnya, kwa-consulting.id merupakan pilihan yang tepat. Alasannya karena layanan konsultan pajak ini sudah berpengalaman dan terpercaya. Selain itu, juga memiliki rekam jejak yang baik.Yuk buruan konsultasi dengan kami, tunggu apa lagi??